30 April 2015

Tantei Gakuen Q (Dan Detective School)

Tantei Gakuen Q atau ada yang menyebut dengan Dan Detective School (DDS), merupakan manga karya dari Seimaru Amagi & Fumiya Satou dengan genre misteri/detektif. Sebenarnya pengarang dari DDS tersebut adalah pengarang dari Kindaichi juga, namun tampaknya mereka rehat sejenak untuk menyelesaikan project akademi detektif ini.

Manga ini rilis diantara tahun 2001 sampai dengan tahun 2005 di Jepang. Namun saya baru membaca manga ini mulai tahun 2004-2005 karena di Indonesia sendiri tampaknya sedikit terlambat waktu mulai terbitnya. Sempat heboh di sekolah karena koleksi komik Detective School saya bawa ke sekolah, hehehe. Walau saya merupakan penggemar berat Detective Conan, tapi saya juga penggemar cerita misteri. Entah kenapa teka-teki itu selalu menarik. Maka dari itu saya juga mengikuti manga Detective School ini.

Tantei Gakuen Q photo Detective School Q - Manga_zpstysssjld.jpg

Dalam manga Detective School cerita dimulai ketika dibuka pendaftaran sekolah detektif yang didirikan oleh Morihiko Dan. Morihiko Dan sebelumnya adalah detektif terkenal yang selalu membantu kepolisian Jepang dalam memecahkan kasus-kasus sulit. Atas kontribusinya tersebut Morihiko Dan diberikan wewenang khusus dari kepolisian Jepang, misalnya diperbolehkan memasuki crime scene atau diperbolehkan untuk memiliki senjata api.

Ketika seleksi ujian masuk DDS selesai, terpilihlah 5 orang yang berhak masuk ke kelas Q (Qualified). Mereka adalah :
1. Kyu Renjou, si pemillik nilai akademis jeblok tapi bisa berpikir cepat di situasi genting
2. Ryu Amakusa, si jenius
3. Megumi Minami, si ingatan fotografis
4. Kazuma Narusawa, si game developer
5. Kintaro Toyama, si jago bela diri

Cerita berlanjut dengan masa-masa studi di sekolah detektif. Diketahui juga bahwa di kelas tersebut terdapat kelas-kelas lain yang merepresentasikan tingkat kepintaran. Misal kelas A adalah kelas yang murid-muridnya lebih pintar daripada kelas B, dan seterusnya. Kepintaran anak-anak kelas A sebenarnya juga tidak bisa dibilang di bawah kelas Q, namun kelas Q diproyeksikan untuk menggantikan Morihiko Dan sehingga mereka memiliki kelebihan-kelebihan sebagai detektif yang tidak dimiliki oleh anak-anak kelas lain.

Cerita berkembang dengan munculnya Meiosei (Pluto) yang merupakan organisasi kriminal yang menawarkan murder plan ke kliennya. King Hades yang merupakan pendiri sekaligus pemimpin Meiosei sebenarnya adalah teman dekat dari Morihiko Dan. Ace dari Meiosei, Cerberus, juga menunjukkan peran penting kepada Meiosei dengan kemampuan perencanaan kejahatan dan ilmu hipnotisnya. Dia juga pernah masuk ke Tokyo Development and Research Center sama seperti Ryu Amakusa dan Megumi Minami karena kemampuan khususnya.

Selain itu diceritakan juga mengenai arsitek jenius Takumi Kuzuryu yang hasil desainnya selalu menyimpan misteri. Diceritakan juga tentang Yurika Kokuo, kriminal jenius ibu dari King Hades hasil perkawinannya dengan Takumi Kuzuryu. Ryu Amakusa juga sebenarnya memiliki garis keturunan dengan Takumi Kuzuryu namun dengan ibu yang berbeda dari King Hades.

Dengan jumlah volume manga 22, Detective School ini menyuguhkan cerita berbeda dari manga detektif yang biasanya diperankan oleh murid SMA.

Anime dari Detective School juga mulai ada dari tahun 2003, atau 2 tahun setelah peluncuran manga perdana. Jumlah episode animenya adalah 45. Cerita dari animenya dibuat mirip dengan versi manga.

Tantei Gakuen Q photo Detective School Q - Anime_zpslohqrnae.jpg

Setahun setelah volume terakhir dari manga, Detective School versi live action pun dibuat. Live action ini muncul di tahun 2006 dengan format Special hanya satu episode.

Ryunosuke Kamiki sebagai Kyu Renjou
Mirai Shida sebagai Megumi Minami
Ryosuke Yamada sebagai Ryu Amakusa
Naruki Matsukawa sebagai Kazuma Narusawa
Jun Kaname sebagai Kintaro Toyama

Di versi Special ini bercerita ketika proses seleksi masuk sekolah detektif. Ada beberapa alur yang berbeda dibandingkan dengan versi komiknya. Teka-teki dalam komik yang seharusnya muncul di tengah-tengah cerita ada juga yang dimunculkan di seleksi ini. Misalnya saja tentang teka-teki pintu naga dari Takumi Kuzuryu.

Setahun setelah kemunculan live action Detective School, muncul versi doramanya dengan 11 episode. Dorama yang lebih terkenal dengan Tantei Gakuen Q ini melanjutkan kisah dari live action yang pada tahun sebelumnya tayang. Ada perubahan cast untuk pemeran Kazuma Narusawa yang kali ini diperankan oleh Katsumi Wakaba.

Tantei Gakuen Q photo Detective School Q - Dorama_zpsa1ceiiwh.jpg

Untuk versi dorama Tantei Gakuen Q alur ceritanya sedikit berbeda dibandingkan dengan versi manganya. Hal ini dimungkinkan karena alur cerita dibuat sedemikian rupa sehingga muat dalam 11 episode, dengan masing-masing episode berdurasi sekitar 45 menit.

Hal yang tampak sekali berbeda adalah tidak diceritakannya mengenai pembelajaran di kelas. Untuk versi manganya diceritakan bahwa anak-anak kelas Q juga diberikan pelajaran teori seperti pada sekolah umumnya. Namun pada dorama kali ini tidak ada. Mereka hanya diberikan kasus-kasus nyata untuk dipecahkan.

Hal yang berbeda lainnya adalah mereka tidak belajar di gedung sekolah melainkan di sebuah ruangan di dalam maid cafe. Kelas-kelas yang lain (kelas A, kelas B, dst) juga tidak ada. Tampak dalam dorama ini murid dari Dan Detective School hanya kelas Q saja.

Tokoh Takumi Kuzuryu juga tidak dimunculkan dalam versi dorama. Sebagai gantinya adalah ayah Ryu Amakusa diceritakan sebagai arsitek hebat dengan karya-karya seni yang terkenal dan selalu mengandung misteri.

Untuk para anggota Meiosei sendiri juga tidak ditunjukkan tato Pluto di bagian tubuh mereka, termasuk pada Ryu Amakusa yang seharusnya ada di bagian leher belakang.

Walau ada beberapa hal yang berbeda dibandingkan versi manganya, namun dorama ini layak ditonton bagi para pecinta Detective School pada khususnya dan para pecinta dorama misteri pada umumnya. Disuguhkan kehebatan-kehebatan analisis para murid kelas Q dan aksi guru mereka dalam memecahkan banyak kasus pembunuhan, terutama kasus-kasus yang direncanakan oleh para Meiosei.

---

OST (Original Soundtrack) dari anime dan doramanya juga cukup bagus dan enak didengar.

Untuk versi animenya adalah sebagai berikut :

Opening
1. MeiQ! - Meikyuu - MAKEYOU
2. Luvly, Merry-Go-Round
3. 100% Pure

Ending
1. Koigokoro
2. Nijiiro ni Hikari Umi
3. Mienai Story
4. Kaze ni Mukai Aruku Youni

Untuk versi doramanya adalah sebagai berikut :

- Answer, by Flow (opening song)
- Stand by Me, by The Brilliant Green (ending song)

Tidak ketinggalan juga Tantei Gakuen Q - Original SoundTrack versi background sound yang sering muncul di tengah dorama.

01 メインテーマ? The Wild Run?
02 Get a Chance!
03 胎動
04 Stand by me(Gt ver.)
05 僕たちの場所
06 闇の気配
07 疾走
08 それぞれの空
09 罠
10 街の裏側
11 眠れない夜
12 追跡
13 No Border
14 闘いの時
15 記憶
16 Are you ready?
17 冥王星
18 The Electric Town
19 予感
20 Answer(Pf ver.)
21 謎
22 Qの推理
23 リアルワールド
24 大切なもの

Kalau ada yang berminat bisa dicari di internet sih atau bisa juga japri ke saya, karena saya tidak bagi-bagi disini.. Hahaha..


Best Regards,
Arif Febriyanto

https://drive.google.com/open?id=0B70aOHQeVIrKMmRWMkJXaGtVT1k&authuser=1

8 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Hapus
  2. I definitely enjoying every little bit of it. It is a great website and nice share:
    contact form | snapchat emoji

    BalasHapus
  3. I'm looking for a few bugs in my post. But I think I should have someone look and point out it.
    http://colorswitchplay.com

    BalasHapus
  4. This is extremely helpful info!! Very good work. Everything is very interesting to learn and easy to understood. Thank you for giving information.

    www.happywheelsy8.com

    BalasHapus
  5. I was very impressed by this post, this site has always been pleasant news. Thank you very much for such an interesting post. Keep working, great job! In my free time, I like play game: superfighters2.net. What about you?

    BalasHapus

Ayo kirim komentar, disini!!