Jumat, 01 Mei 2015

Don't Be Egoistic .. !

Ya, kita berada dimana kita tidak bisa hidup sendiri. Akan ada orang lain yang hidup berdampingan dengan kita. Kita dan orang lain akan membutuhkan satu sama lain. Sikap tenggang rasa dan saling menghormati berperan penting dalam hubungannya kita dengan orang lain.

Selain sikap saling menghargai, ada sikap lain yang juga tidak kalah penting dalam dalam hubungannya dengan orang lain. Yaitu: egois.

Egois secara harfiah adalah mementingkan diri sendiri daripada orang lain. Dengan sikap egois orang lain merasa terugikan dengan sikap kita. Kita begitu memaksakan kehendak kita kepada orang lain, padahal kehendak kita tersebut mungkin saja sangat merugikan orang lain tersebut. Karena pada dasarnya sifat egois adalah tidak membuka mata dan hati kita untuk orang lain.

Egois juga memiliki arti yang luas. Egois juga bisa berkaitan dengan sifat empati. Jadi kita tidak mau tahu dengan kondisi orang lain. Kita hanya peduli dengan diri kita, padahal orang lain pada saat itu mungkin sangat membutuhkan pertolongan kita.

Dengan sikat egois kita juga terkesan cuek dengan orang lain. Sikap individualis ini berakibat kita jarang dan malas bersosialisasi dengan orang lain. Kita tidak berusaha mencairkan suasana jika kita bertemu atau bersama orang lain. Kita tidak berusaha menjaga hubungan baik dengan orang lain.

Mungkin saja ada orang lain yang bisa sukses atau bertahan dalam kehidupan sosial dengan sikap egois tersebut. Namun, apa itu merupakan attitude yang baik? Tentu saja tidak.

Cobalah untuk bersikap ramah kepada semua orang.
Cobalah untuk berempati kepada orang lain.
Cobalah untuk tidak memaksakan kehendak.
Cobalah untuk membantu orang lain yang kesusahan.
Cobalah untuk terus menjaga hubungan baik atau silaturahmi dengan orang lain.

be nice photo be-nice-to-someone-you-dont-like_zpsda8cojl9.png

Sekian,
Best Regards

7 komentar:

Silakan kirim komentar disini.