28 Februari 2015

Small Waterfall di Pantai Jogan

Tidak banyak orang yang sudah tahu mengenai Pantai Jogan. Itulah yang saya ketahui ketika bertanya kepada beberapa orang di kota Wonosari (Gunung Kidul, DIY) mengenai arah menuju ke Pantai Jogan.

Ya, Pantai Jogan merupakan sebuah pantai baru. Pantai Jogan bukan dinikmati karena hamparan pasir dan ombaknya, namun karena adanya air terjun kecil yang bermuara ke laut.

Pantai Jogan terletak cukup jauh jika berangkat dari Jogja. Pantai Jogan berada dalam satu kawasan dengan Pantai Siung, yang terletak agak jauh ke timur dari Pantai Sundak/Indrayanti.

Ketika menuju ke arah Pantai Jogan/Pantai Siung jalan sudah bagus dan beraspal walau tidak terlalu lebar. Namun ketika sudah memasuki daerah Pantai Jogan maka jalannya menjadi sangat menantang. Mungkin Pantai Jogan masih tergolong baru dan tidak terlalu besar, maka jalannya pun masih belum diaspal dan berupa cor-coran semen. Jalan yang ada pun cuma 1 jalur, dan tentu saja jika sebuah mobil berpapasan dengan mobil lain di arah sebaliknya akan sangat menyulitkan. Harus mencari jalan yang agak lebar terlebih dahulu agar bisa membiarkan mobil yang lain lewat.

pantai jogan photo 01_zpso9g9ddjv.jpg
Jalan menuju ke Pantai Jogan

Lahan parkir di Pantai Jogan pun juga cukup kecil, hanya bisa menampung beberapa mobil saja. Ketika kami datang kesana hanya terdapat 2 mobil saja yang sedang berkunjung. Sepertinya memang pantai ini belum terlalu popular sehingga pengunjungnya masih sedikit.

pantai jogan photo 02_zps8xdcniuq.jpg
Parkir mobil di Pantai Jogan

pantai jogan photo 03_zpshysydtwx.jpg
Parkir motor di Pantai Jogan

Di Pantai Jogan terdapat sebuah air terjun kecil yang merupakan muara dari sungai kecil. Melihat struktur tanah di bawah air terjun tampaknya ombak besar sering menerpanya sehingga tanahnya menjadi cekung. Namun karena ketika kami datang ombaknya tidak sampai di bawah air terjun pastinya saat itu air laut sedang surut.

Walau di Pantai Jogan air terjun sebagai ciri khasnya, namun Pantai Jogan tidak terlepas dari ciri khas dari pantai di Gunung Kidul. Ciri khas tersebut adalah pantai yang dihiasi dengan bebatuan dan tebing menawan dengan deburan ombak laut yang besar disertai angin kencang.

pantai jogan photo 04_zpstplun9ov.jpg

pantai jogan photo 05_zpsw9dmmsw1.jpg

pantai jogan photo 06_zpskyswduso.jpg

pantai jogan photo 07_zpsup0mmxc6.jpg

pantai jogan photo 08_zpsothhtgue.jpg

pantai jogan photo 09_zpsvlwew6fe.jpg

pantai jogan photo 10_zpsqmjrrick.jpg

Pemandangan yang lumayan bagus jika kita melihat secara keseluruhan. Sangat layak dikunjungi jika kita memiliki hobi travelling karena Pantai Jogan merupakan pantai dengan ciri khas tersendiri yang berada di kawasan pantai selatan Jogja.

Salam,
Arif Febriyanto


2 komentar:

  1. I was very impressed by this post, this site has always been pleasant news. Thank you very much for such an interesting post. Keep working, great job! In my free time, I like play game: imgtaram. What about you?

    BalasHapus

Ayo kirim komentar, disini!!