25 Januari 2015

Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran, Pantai Nguyahan

Well, Jogja memang tidak salah jika disebut dengan kota berjuta pantai. Pantai-pantai baru yang dibuka untuk umum seakan tidak ada habisnya dari tahun ke tahun. Terlebih di daerah Gunung Kidul yang pantainya memiliki ciri khas bebatuan yang indah. Beberapa pantai yang tergolong baru adalah Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan.

Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan terletak bersebelahan dan dibatasi oleh bukit kecil, sedangkan Pantai Ngrenehan terletak sedikit terpisah namun tidak terlalu jauh. Ketiga pantai tersebut merupakan deretan pantai di Gunung Kidul yang letaknya paling dekat dengan kota Jogja. Jadi tidak terlalu jauh jika pengunjung datang dari Jogja atau Klaten, dibandingkan dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya yang sudah terkenal sebelumnya semisal Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Indrayanti, Pantai Sundak atau Pantai Siung.

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan merupakan pantai yang berada di dalam teluk, mirip dengan Pantai Baron. Walau Pantai Ngrenehan tidak seluas Pantai Baron namun Pantai Ngrenehan memiliki pasir yang cenderung putih. Pantai Ngrenehan merupakan pantai nelayan jadi tidak heran jika banyak perahu-perahu nelayan yang terparkir di dekat bibir pantai.

Seperti halnya pantai nelayan yang lain, Pantai Ngrenehan terkesan berbau amis seperti bau ikan. Namun bau tersebut tercium di dekat rumah-rumah di sekitar pantai. Ketika sudah di bibir pantai maka udara segar dengan hembusan angin kuat yang akan kita rasakan.

pantai ngrenehan, ngobaran, nguyahan photo A. 01_zps08fkmsql.jpg

pantai ngrenehan, ngobaran, nguyahan photo A. 02_zpsw3j3x4fk.jpg

Pantai Ngrenehan masih terbilang cukup sepi dari pengunjung. Faktor pantai yang cukup baru menjadi penyebabnya. Terlebih karena pantai ini terbilang kecil maka pengunjung biasanya menjadikan pantai ini sebagai paket pelengkap saja dengan pantai utama yaitu Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan.

pantai ngrenehan, ngobaran, nguyahan photo A. 03_zpsowbeypt3.jpg

Pantai Ngobaran

Berkendara sedikit dari Pantai Ngerenehan maka akan dijumpai pantai yang cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Pantai Ngobaran dan Pantai Ngerenehan.

Pantai Ngobaran bukan merupakan pantai yang terkenal karena pasir putih nan indah, namun Pantai Ngobaran terkenal karena merupakan sebuah kompleks pura yang terletak di tepi laut. Jika mengingat pura di tepi laut kita pasti teringat kepada Pura Ulu Watu di Bali. Namun ada yang berbeda jika dibandingkan dengan Pura Ulu Watu, pura di Pantai Ngobaran tidak terletak di tebing yang tinggi dan curam.

Pantai Ngobaran mengombinasikan antara pura di tebing yang tidak terlalu curam dengan pantai bebatuan khas dari pantai Gunung Kidul.

pantai ngrenehan, ngobaran, nguyahan photo B. 01_zpse2eboc99.jpg

pantai ngrenehan, ngobaran, nguyahan photo B. 02_zpsu0zxryxj.jpg

pantai ngrenehan, ngobaran, nguyahan photo B. 03_zpspar29c7o.jpg

Pengunjung dapat berjalan-jalan di lokasi pura di atas tebing sampai turun ke bawah sampai ke bibir pantai sambil bermain air atau sekadar untuk berfoto. Udara segar pantai dan hembusan angin dari Samudera Hindia terasa kencang dan benar-benar membuat pikiran terasa segar.

pantai ngrenehan, ngobaran, nguyahan photo B. 04_zpsb2wznxoz.jpg

pantai ngrenehan, ngobaran, nguyahan photo B. 05_zpsbirwjh6r.jpg

Pantai Nguyahan

Naik sedikit dari Pantai Ngobaran maka kita akan langsung melihat hamparan pantai pasir putih kekuningan. Ya, dari atas bukit di Pantai Ngobaran akan melihat Pantai Nguyahan yang cukup luas.

pantai ngrenehan, ngobaran, nguyahan photo C. 01_zps219udmrn.jpg

pantai ngrenehan, ngobaran, nguyahan photo C. 02_zpsprmwhi3t.jpg


Di Pantai Nguyahan banyak pengujung yang bermain air dan menikmati ombak. Di Pantai Nguyahan banyak juga penjual makanan dan minuman. Selain itu terdapat banyak payung-payung disediakan di pantai agar pengunjung tidak kepanasan ketika menikmati indah dan segarnya hamparan luas laut selatan. Kebetulan waktu kami berkunjung ke Pantai Nguyahan cuaca sangat cerah namun tidak terasa panas karena terpaan angin segar dari laut.

Salam,
Arif Febriyanto

2 komentar:

  1. I was very impressed by this post, this site has always been pleasant news. Thank you very much for such an interesting post. Keep working, great job! In my free time, I like play game: mutilateadoll2game.com. What about you?

    BalasHapus
  2. Thank you for sharing valuable information. Nice post. I enjoyed reading this post.


    instagram online

    BalasHapus

Ayo kirim komentar, disini!!