04 Oktober 2014

The Great Teacher is Inspiring

Dalam dunia pengajaran terdapat pepatah terkenal dari William Arthur Ward yaitu:

The mediocre teacher tells. The good teacher explains.
The superior teacher demonstrates. The great teacher inspires.

Ya, saya sempat mencoba meresapi arti dari pepatah tersebut. Dan kemudian saya sadar ternyata hal tersebut memang benar.


Sebenarnya jika kita membawa konteks yang lebih luas maka hal tersebut tidak berlaku hanya dalam bidang akademis saja. Guru bisa diartikan sebagai panutan atau orang yang mengajari kita dalam berbagai hal. Bisa dalam hal sehari-hari, dalam pekerjaan, atau dalam hal akademis itu sendiri. Guru juga tidak melulu kepada orang yang lebih tua tetapi bisa juga yang lebih muda, selama dia lebih mengerti daripada orang yang diajarkan.

Kembali ke quote tadi, jadi tahapan yang paling tinggi dalam ilmu mengajar adalah menginspirasi. Dengan menginspirasi tidak hanya menjelaskan sesuatu, tetapi juga membuat orang yang kita ajarkan termotivasi untuk melakukan hal yang diajarkan - tidak hanya sekadar tahu saja.

Kita bisa menarik keluar potensi-potensi orang yang kita ajarkan dengan membuatnya melakukan hal yang kita ajarkan ke mereka. Tentu saja untuk membuatnya termotivasi bukan hal yang mudah, kita harus berpikir dengan sudut pandang jika kita adalah orang yang diajarkan tersebut. Selain kita harus mengusai materi dengan baik, kita juga harus tahu hal-hal menarik apa saja yang bisa membuat orang yang kita ajarkan tersebut belajar dan mempraktikkannya sehingga mendapatkan manfaat yang kita kehendaki.

Dalam pengalaman saya, saya sering dikejutkan oleh orang yang kita ajarkan ternyata dapat berkembang lebih dari harapan kita sebelumnya. Hal tersebut tentu menjadi kepuasan tersendiri bagi pengajar karena merasa berhasil. Di lain sisi juga membuat kita sendiri termotivasi untuk jauh lebih baik lagi hanya dengan melihat orang yang kita ajarkan dapat berkembang dengan sangat baik.

Selain dalam hal teknis dan prestasi yang kita raih, kita bisa juga menginspirasi dalam hal attitude. Jika kita selalu menunjukkan attitude yang baik dan berintegritas ~ bukan pencitraan semata ~ maka itu pun bisa membuat orang lain tergugah.

Hal-hal semacam itulah yang membuat saya begitu menyukai dunia pengajaran, disaat kita mengembangkan orang lain kita juga dituntut untuk selalu bisa berkembang.

Di sisi lain, saya sadar bahwa masih banyak sekali hal yang bisa saya pelajari. Maka dari itu saya juga harus selalu bersemangat dan terbuka untuk selau belajar. Ketika saya sudah mengetahui sesuatu, saya tidak sungkan-sungkan untuk membagikan ilmu tersebut. Becasue knowledge sharing is very interesting.


Inspirasi bisa datang dari mana saja, tinggal kita yang mengonversinya menjadi tindakan nyata.


Best Regards,
Arif Febriyanto

1 komentar:

Ayo kirim komentar, disini!!