29 September 2013

Merubah Ukuran dan Format Huruf di Sticky Notes

Sticky Notes, aplikasi yang sangat berguna untuk menulis catatan di komputer seperti halnya kertas tempel. Aplikasi bawaan dari Windows ini begitu ringan dan praktis. Walau ada banyak Sticky Notes yang ditambahkan di desktop namun icon di taskbar hanya ada satu saja.

Pada dasarnya tulisan di Sticky Notes tidak bisa diganti dan diubah formatnya. Namun ada beberapa cara untuk merubah formatnya, diantaranya adalah sebagai berikut.

Pertama
Dengan mengganti lewat registry windows.

Langkah yang harus dilakukan adalah dengan masuk ke regedit.exe lewat menu Search atau Run. Setelah itu masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Fonts. Disana ada berbagai macam pengaturan yang bisa dirubah sesuai dengan keinginan.

Namun cara ini cukup rumit dan tidak praktis. Memang hal ini bisa merubah default font maupun size font yang ada. Namun betapa tidak praktisnya jika hanya ingin merubah ukuran huruf saja misalnya.

Kedua
Dengan melakukan copy-paste dari Microsoft Word

Hal ini karena Sticky Notes akan tetap membawa format dari tulisan yang disalin dari aplikasi pengolah kata tersebut.

Ketiga
Dengan menggunakan tombol shortcut.

Jika hanya bermaksud untuk mengganti ukuran huruf dari Sticky Notes, maka hal ini bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan shortcut Ctrl + Shift + < (untuk memperkecil huruf) dan Ctrl + Shift + > (untuk memperbesar huruf).

Keempat
Dengan scroll mouse.

Sama seperti yang ketiga, jika hanya ingin merubah ukuran huruf saja maka bisa lebih praktis lagi. Dengan menekan tombol Ctrl di keyboard kemudian melakukan scroll down di mouse untuk mengecilkan huruf atau membesarkan huruf dengan scroll up.

6 komentar:

Ayo kirim komentar, disini!!