26 Juni 2013

Kali Kuning, Salah Satu Keindahan Kaki Gunung Merapi

Sabtu, 9 Agustus 2008

Kali Kuning merupakan salah satu wisata alam yang menawarkan keindahan di kaki Gunung Merapi. Kali Kuning terletak di kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Dengan nuansa yang sejuk dan rimbun akan pepohonan menjadi nilai tambah dari Kali Kuning. Berbeda halnya dengan wilayah Kaliurang yang sudah terkenal dan sudah padat akan bangunan-bangunan, di wilayah Kali Kuning masih terasa natural dan alami. Rute menuju Kali Kuning dapat ditempuh bisa dari Yogykarta via Kaliurang atau lewat Prambanan. Kali Kuning juga sering digunakan sebagai tempat outbond atau pun melakukan perkemahan (kemping).

kali kuning photo 04kalikuning_zpsb1c1bc09.jpg
Kali Kuning jika dilihat dari atas

kali kuning photo 03kalikuning_zps4bb86597.jpg
Kali Kuning jika dilihat dari atas

kali kuning photo 01kalikuning_zps4d007b24.jpg
Sungai yang ada di bawah di Kali Kuning

kali kuning photo 02kalikuning_zps43fad8a8.jpg
Sungai yang ada di bawah di Kali Kuning

Saya bersama dengan teman-teman Balairung Klass akan mengadakan acara outbound di Kali Kuning. Ternyata emang enak sekali mengadakan outbound di Kali Kuning. Suasananya benar-benar mendukung untuk mengadakan acara di luar ruangan. Walaupun pada hari itu cuaca sangat cerah, karena berada di ketinggian dan di dibalut pepohonan yang lebat menjadikan udara tetap sejuk.

kali kuning photo 06kalikuning_zpsacff1596.jpg
Diantara peserta outbound

Dalam outbound tersebut kami diberikan games-games yang disediakan oleh panitia. Games-games yang cukup seru dengan mengandalkan kerjasama antar kelompok.

kali kuning photo 07kalikuning_zps5e5a45bc.jpg
Games menggabungkan barang-barang milik anggota kelompok untuk menentukan siapa yang paling panjang

kali kuning photo 08kalikuning_zps8003c60d.jpg
Games menyeberangkan seluruh anggota kelompok dengan alas papan dengan jumlah terbatas

kali kuning photo 09kalikuning_zps1c595be8.jpg
Games memindahkan seluruh anggota kelompok melewati lubang tali yang berbeda-beda

kali kuning photo 10kalikuning_zps3a6f92c7.jpg
Isitirahat selepas bermain games

Lokasi outbound berada di tengah-tengah antara tempat parkir yang ada di atas dan sungai yang ada di bawah. Pengunjung harus turun lagi cukup jauh untuk dapat sampai ke sungai. Karena pada saat ini adalah musim kemarau maka air yang ada di sungai pun tidak deras. Air sungai yang ada sangat jernih seperti berasal dari mata air.

kali kuning photo 11kalikuning_zps4c02d8c8.jpg
Bersiap untuk bermain air

kali kuning photo 12kalikuning_zpsef2fa1f7.jpg
Para cewek-cewek yang sedang bermain air di sungai

Tidak jauh dari Kali Kuning terdapat sungai besar dengan tebing dikanan kirinya sebagai jalur lahar dari Gunung Merapi. Sungai ini terbentuk seumuran dengan Gunung Merapi. Namun ketika Gunung Merapi baru tidak aktif, banyak sekali orang-orang yang menambang pasir dalam jumlah besar. Terlihat banyak sekali truk-truk yang sedang mengankut pasir dari sungai tersebut. Jika Gunung Merapi meletus maka sungai ini dipastikan dipenuhi oleh material-material yang berasal dari letusan Gunung Merapi. Terlebih dengan adanya fenomena letusan Gunung Merapi berupa awan panas wedhus gembel yang dapat menerjang sampai ke tempat yang jauh.

kali kuning photo 13kalikuning_zps49ea10fe.jpg
Sungai besar sebagai jalur lahar Gunung Merapi, yang juga sebagai tempat menambang pasir

2 komentar:

Ayo kirim komentar, disini!!