19 Mei 2013

Wonogiri Punya Waduk ~ Waduk Gadjah Mungkur

Setelah saya habis ujian SMA (Juli 2007) saya beserta keluarga mengunjungi Waduk Gajah Mungkur, waduk yang terletak di Wonogiri. Waduk Gajah Mungkur merupakan waduk yang cukup besar yang ada di Pulau Jawa. Kami berangkat dari Klaten melewati jalur Sukoharjo.

Dalam perjalanan kami sempat terkena tilang karena melanggar rambu-rambu lalu lintas yang ada di kota Wonogiri. Memang pada dasarnya kurang memperhatikan rambu-rambu lalu lintas karena bingung mencari jalan menuju ke waduk, hehe..

Setelah cukup berputar-putar kami akhirnya sampai juga di Waduk Gajah Mungkur. Waduk yang memang benar sangat luas. Pada saat itu cuaca juga sangat panas sehingga saya malas untuk berjalan-jalan memutari waduk.

Di Waduk Gajah Mungkur terdapat banyak sekali wahana mulai dari perahu boat, kereta mini sama gantole. Saya sempat bertanya-tanya mengenai asal usul nama Waduk Gajah Mungkur. Apa gerangan waduk tersebut dengan gajah yang mungkur (menghindar)? Mending kita tanya saja ke paman Google... :D

Waduk Gajah Mungkur dimanfaatkan juga sebagai pembangkit listrik, selain sebagai perairan dan tempat rekreasi. Waduk yang membendung Sungai Bengawan Solo ini tampaknya mengalami pendangkalan yang cukup parah, terbukti saya melihat beberapa spot yang terlihat dasarnya.

Setelah puas melihat-lihat air waduk dan segarnya angin di pinggir waduk akhirnya kami pun kembali pulang ~~

7 komentar:

  1. Nice pics of dam projects bro!

    BalasHapus
  2. I come from kebumen regency.My area also has a dam project called "Sempor Dam Project".Besides,kebumen also has Jatijajar cave,Karangbolong beach,Wanderwick fort,Krakal hot spring,Karangsambung Geological Park and many more.When will u come n explrore my splendid tourist objects? Contact me at ; aggagrahita@gmail.com ,please!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok, next time i will visit sempor dam, and others.. but. i've already visited jatijajar.. very nice cave :D

      Hapus
  3. Why didn't u reply my comment bro?

    BalasHapus

Ayo kirim komentar, disini!!