19 Mei 2013

Pantai Baron, Pantai Di Antara Tebing

Sabtu, 18 Desember 2010

Pantai Baron merupakan salah satu former pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak yang cukup jauh ditempuh untuk sampai di Pantai Baron jika berangkat dari Jogja. Seperti ciri khas pantai di Gunung Kidul lainnya, Pantai Baron juga memiliki tebing sebagai daya tarik. Pantai Baron terletak diantara tebing di kanan kirinya.

Di Pantai Baron banyak sekali kapal nelayan yang diparkir. Dengan kata lain banyak sekali penduduk setempat yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Ombak di Pantai Baron agak besar seperti halnya dengan pantai-pantai selatan Pulau Jawa. Pasir di Pantai Baron berwarna coklat cenderung hitam.

Tidak seperti kebanyakan pantai-pantai di Gunung Kidul yang banyak sekali karang di pantainya, Pantai Baron hanya berupa pasir yang menyelimutinya. Cocok sekali untuk bermain air. Namun pengunjung harus waspada mengingat ombak yang kadang besar dan bisa membahayakan. Tidak sedikit pengunjung yang terseret ombak dan hilang, atau ditemukan meninggal dunia. Namun terlepas dari hal tersebut Pantai Baron sangat direkomendasikan untuk dikunjungi karena menyimpan panorama yang indah.

 photo pantaibaron1_zps60dcf763.jpg
Menuju ke bibir Pantai Baron

 photo pantaibaron2_zps1f195121.jpg
Bibir Pantai Baron

Para pengunjung jika ingin naik ke tebing akan dikenakan biaya dari pengelola wisata. Saya mencoba untuk naik ke tebing di sebelah kiri karena tebing sebelah kanan tidak bisa dinaiki kalau dari posisi Pantai Baron karena terpisah dengan sungai yang menuju ke laut. Pemandangan yang cukup bagus dan bisa melihat laut lepas dari ketinggian.


pantai baron photo pantaibaron4_zps2171acc5.jpg
Gelombang ombak datang menuju ke pantai

pantai baron photo pantaibaron5_zps8ea90d60.jpg
Para pengunjung yang bermain air di Pantai Baron

pantai baron photo pantaibaron3_zps4c828f20.jpg
Pantai Baron dilihat dari tebing

pantai baron photo pantaibaron6_zpsca3d37aa.jpg
Pantai Baron dilihat dari tebing

pantai baron photo pantaibaron7_zpsd2c3dbfc.jpg
Gardu pandang di ujung tebing Pantai Baron

3 komentar:

Ayo kirim komentar, disini!!