19 Mei 2013

Ketep Pass, Tempat Pas Menikmati Gunung Merapi dan Merbabu

Senin, 9 Maret 2009

Ketep merupakan salah satu tempat untuk menikmati keindahan pesona gunung. Seperti dengan New Selo yang ada di Boyolali yang dapat menikmati indahnya Gunung Merbabu dari kaki Gunung Merapi, untuk Ketep sedikit berbeda. Ketep dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu secara bersamaan. Hal ini dikarenakan Ketep terletak diantara kedua gunung tersebut. Objek wisata yang sering disebut dengan Ketep Pass ini terletak di desa Ketep, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Suatu haru saya dan bapak-ibu-adek pergi ke Ketep. Kami berangkat dari Klaten dengan melewati jalur alternatif. Jadi setelah sampai di perempatan 'Bogem' Prambanan, kami belok kanan. Ujung-ujungnya akan melewati daerah sekitar Kaliurang Jogja dan sampai di Jl Magelang. Dari Jl Magelang kemudian melewati Magelang untuk sampai ke Ketep.

Untuk sampai ke Ketep Pass jalan yang dilalui tidak terlalu ekstrim seperti kebanyakan jika mau ke daerah gunung. Cukup landai dan bagus jalannya. Sesampai di Ketep udara sejuk langsung terasa. Tempat parkir untuk mobil agaknya kurang teratur karena banyak yang parkir sampai di pinggir jalan karena memang area khusus mobil tidak terlalu luas. Untuk parkir motor agaknya sudah cukup rapi dan terorganisir.

Agaknya kami kurang beruntung karena pada saat itu cuaca sedang berawan. Jadi pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu pun terhalang oleh awan. Jika cuaca cerah selain Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, pengunjung juga dapat melihat Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Slamet.

ketep pass, magelang photo keteppass1_zps3aa7ba88.jpg
Ketep Pass

ketep pass, magelang photo keteppass2_zpsdf42060d.jpg
Ikon dari Ketep Pass, sebuah burung yang mengepakkan sayap

ketep pass, magelang photo keteppass3_zps2219507e.jpg
Di area Ketep Pass yang rapi tata kelolanya

Sebenarnya Ketep bisa ditempuh melalui Boyolali. Jalur yang ditempuh adalah dari Boyolali melewati jalan diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Jalur yang dilewati ini juga nantinya akan melewati Selo Boyolali. Jalur tersebut merupakan jalur alternatif dari Boyolali-Magelang yang bisa ditempuh dengan cepat tanpa harus memutar ke utara (lewat Salatiga) atau lewat selatan (lewat Jogja).

ketep pass, magelang photo keteppass4_zps11367145.jpg
Pemandangan dari gardu pandang Ketep Pass

ketep pass, magelang photo keteppass5_zpsb3955d14.jpg
Pemandangan gunung yang sayang sekali tertutup oleh awan

ketep pass, magelang photo keteppass6_zpse769c84f.jpg
Berfoto diantara 2 gunung, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu *yang tertutup awan*

Jumlah pengujung Ketep Pass pun termasuk banyak. Selain gardu pandang, untuk menikmati indahnya panorama yang ada di Ketep Pass juga terdapat museum miniatur Gunung Merapi beserta batu-batuan yang ada disekitar gunung yang dulunya dimuntahkan oleh Gunung Merapi.

Di Ketep Pass juga terdapat teater atau bioskop kecil yang memutar mengenai Gunung Merapi sebagai salah satu gunung api yang paling aktif di dunia. Ketika saya mencoba menonton teater tersebut ternyata peminatnya juga banyak. Dan lagi ketika menonton dokumenter dari Gunung Merapi jangan sekali-kali mengambil gambar atau merekamnya ke dalam video (walau sembunyi-sembunyi) karena bisa dimarahi oleh petugas teater *curcol* xD.

ketep pass, magelang photo keteppass7_zps02a741d6.jpg
Bersama adek di Ketep Volcano Theatre

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo kirim komentar, disini!!