19 Mei 2013

Hardisk Notebook Rusak

Tampaknya masalah tentang komputer masih terus berlanjut. Setelah yang pertama adalah karena kemasukan air dan mati karena unidentified root cause, sekarang adalah hardisk tiba-tiba mati. Walau kali ini adalah laptop kantor tetapi tetap saja cukup membuat panik dan bingung.

Jenis hardisk notebook:
- SAMSUNG
- 160GB/54000rpm/8M/PATA
- Model: HM160HC
- HDD P/N: HM160HM
- Port: IDE

Awalnya hardsik tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda mau rusak. Namun tiba-tiba saja pada 10 Mei 2013 pagi hardisk tersebut mati secara mendadak. Ditandai ketika memakai laptop dan memutar video tiba-tiba saja hang dan suara di video jadi melengking 'nggiiiiiiiinggggg' tanpa henti. Benar-benar cara komputer hang yang aneh. Setelah saya force shutdown dengan menekan lama tombol power, kemudian saya hidupkan lagi. Dan yang terjadi adalah...... TADA

SISTEM OPERASI TIDAK TERDETEKSI (original message-nya lupa)

DUAARR..... aneh sekali ini kenapa tidak terdeteksi. Hanya satu kemungkinan kenapa sistem operasi tidak terdeteksi, yaitu karena hardisknya juga tidak terdeteksi *panic mode on*.

Dan benar saja ketika saya lepas hardisknya dan hardisk tersebut saya pasang langsung memakai USB to IDE/SATA (hardisknya saya gunakan seperti USB di laptop lain) hardisk tersebut tidak terdeteksi, cakram hardisknya berputar saja tidak.... *nangis guling-guling*.

Data kantor pun hilang semua. Terakhir kali backup adalah ketika bulan November 2012. Dalam kejadian ini mengajarkan beberapa hal. Yang pertama adalah tentu saja ikhlas. Yang kedua adalah sering-seringlah mem-backup data karena kita tidak tahu seberapa lama hardisk ini bertahan atau karena mungkin saja adanya musibah laptop hilang. Dan yang ketiga adalah kepercayaan saya terhadap Samsung khususnya untuk produk yang berkaitan dengan hardisk dan dunia komputer jadi berkurang. Hal yang masuk akal mengingat Samsung sebenarnya adalah pemain baru dalam dunia perkomputeran. :')

2 komentar:

Ayo kirim komentar, disini!!