24 Maret 2013

USB to IDE/SATA, Pertolongan Pertama Pada Laptop Mati

Lagi-lagi laptop pribadiku ini membawa masalah, apa udah tua kali ya, udah waktunya lembiru. Tercatat ini kali kedua problem major pada laptopku ini. Pertama, permasalahannya karena kecerobohanku sendiri, ketika laptop kemasukan air. Namun yang kedua ini bukan karena kecerobohan menurutku, tiba-tiba saja laptop tidak mau menyala.

Ketika laptop dihidupkan, muncul bunyi bios 1 kali panjang dan 2 kali pendek. Setelah aku searching, ternyata bermasalah dengan videonya. Wah gimana ya memperbaikinya (sendiri)? Karena pada waktu itu saya memerlukan data di hardisk laptop itu segera, maka aku pending dulu untuk menaruhnya ke service center (atau bengkel laptop yang lain), karena kalau udah aku taruh disana bakal lama. Kemudian aku mencari cara untuk dapat mengakses isi dari hardsik.

Ketemu juga akhirnya cara tersebut, yaitu dengan menggunakan converter USB to SATA. Setelah aku searching-searching di internet, aku putuskan pergi ke Mangga Dua Mall untuk mencarinya. Ternyata tidak sulit, setelah tanya ke counter-counter di lantai 5, langsung ketemu dengan yang aku cari. Ternyata harganya juga tidak terlalu mahal, yaitu Rp 60.000.

USB to IDE/SATA Converter

 photo usbtoidesata_zpseb036e72.jpg

Setelah aku bongkar laptopku dan aku copot hardisknya, aku pasangkan dengan converter dan kabel powernya. Ternyata cukup mudah. Setelah itu isi hardisk langsung terdeteksi. Hooray.!!

Ternyata converter tersebut juga bisa digunakan untuk hardisk laptop dengan port IDE. Kebetulan aku juga punya hardisk laptop tidak terpakai dengan port IDE. Langsung saja aku coba, ternyata kalau IDE tidak perlu memakai power supply karena bisa langsung dipasangkan di converter. Dan BISA. Hooray.!!

Untuk sementara laptop ini aku perbaiki belakangan saja. Yang penting sekarang bisa mengakses data di hardisk laptop yang tidak mau menyala tadi dengan menggunakan konverter USB to SATA ini.
 photo dance.gif

 photo konverterusbtoidesata_zps04570d7a.jpg

7 komentar:

  1. Saya juga beli converter ini, tapi sayang tidak bisa dipake untuk hardisk pc dengan port Sata

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya bisa ya, kan portnya sata juga?

      Hapus
  2. gan,,converternya ini ada cd drivernya gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung dipakai kok, kan ini semacam usb gitu...

      Hapus
  3. kalo buat hardisk PC bisa ga gan?
    saya udah coba tapi anteng2 aja nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin powernya kurang, kan hardisk butuh power yang lebih besar daripada hardisk laptop

      Hapus

Ayo kirim komentar, disini!!