27 Januari 2013

Sampai Kapan Layanan WhatsApp Terus Diperpanjang (?)

Belum lama ini saya menerima pesan dari whatsapp yang berbunyi kira-kira seperti ini 'WhatsApp service extended'. Sebelumnya saya melihat masa aktif whatsapp saya hanya sampai pada 21 Februari 2013 saja, sehingga setelah mendapat perpanjangan tersebut otomatis masa aktif whatsapp saya menjadi sampai 21 Februari 2014, yaitu perpanjangan 1 tahun.

Kemudian muncul pertanyaan, sampai kapan whatsapp akan selalu melakukan perpanjangan otomatis seperti ini..(?)


Sebelum mendapat perpanjangan kemarin, sebelumnya saya juga telah mendapat perpanjangan lagi satu kali. Jadi total saya sudah mendapat perpanjangan masa aktif whatsapp 2 kali. Waktu pertama kali saya register whatsapp, saya mendapat masa trial selama 1 tahun, jadi saya telah mendapat masa trial whatsapp 3 tahun.

Pertanyaan yang muncul adalah apakah pihak whatsapp sengaja membuat status whatsapp selalu trial begini? Atau memang sengaja menjaring pengguna sebanyak mungkin kemudian baru masa trial whatsapp tidak diperpanjang lagi alias berbayar?

Dengan mengesampingkan hal tersebut sejenak, whatsapp tidak bisa dipungkiri telah menjadi aplikasi chatting yang sangat populer. Berbeda dengan BBM yang hanya untuk platform blackberry saja, whatsapp bersifat multi platform. Mulai dari telepon seluler bersistem operasi blackberry, symbian (nokia), windows mobile (nokia), android dan iOS (iphone, ipad) bisa menggunakan layanan whatsapp. Walau aplikasi chat gratis yang lain seperti kakao talk, catfiz (produk lokal) atau pun line (bisa free call), namun tampaknya whatsapp masih menjadi pilihan utama para pengguna.

Berbagai langkah dapat dilakukan untuk dapat 'mengakali' masa aktif dari whatsapp. Salah satunya adalah dengan melakukan crack untuk meng-extend masa aktif whatsapp. Namun, tidak semua orang tahu dan mau untuk melakukan hal tersebut. Walau harga whatsapp hanya sekitar 1 US$ saja (10 ribu rupiah), namun jika whatsapp sudah memutuskan tidak memperpanjang masa aktif whatsapp lagi apakah para pengguna tetap setia dengan whatsapp?

Mungkin pihak whatsapp berpikiran, jika para pengguna sudah sangat bergantung kepada whatsapp, ketika layanan trial tidak diperpanjang lagi maka otomatis pengguna mau tidak mau akan membeli whatsapp. Apakah benar begitu, mengingat aplikasi chat gratis yang lain sudah banyak bertebaran? Mungkin saja para pengguna akan beralih ke aplikasi chat yang lain. Bukan karena mereka tidak mampu membeli, tetapi mereka terlalu ribet karena untuk membeli whatsapp harus menggunakan kartu kredit yang sebagian pengguna pasti tidak memilikinya. Saya sendiri masih bingung mengapa pihak whatsapp selalu memperpanjang masa aktifnya.

Hmm... untuk saat ini mungkin belum waktunya untuk memikirkan hal tersebut, mungkin hal yang dapat dilakukan saat ini adalah menikmati masa trial whatsapp tersebut, yang entah sampai kapan. :D

Photobucket

9 komentar:

  1. diperpanjang lagi? ane belum dapat pesan masa perpanjangan. menurut ramalan ane wazap bakal gratis selamanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga berpikir demikian, karena jika tidak begitu maka pengguna pasti akan beralih ke aplikasi lain

      Hapus
  2. Saya juga mengalami hal yg sama,saya install WA th 2011 sampai skrg masih Free Trial sampai 2014,

    BalasHapus
  3. thanks info Cara Menambah Masa Aktif Whatsapp.
    salam sukses selalu,...

    BalasHapus
  4. Saya sudah tanya ke pihak whatsapp, memang benar adanya perpanjangan tersebut alasannya adalah karena banyak user kesulitan melakukan pembayaran dengan kartu kredit / paypal. WhatsApp akan memberi waktu tambahan trial hingga mereka memutuskan untuk membayar.

    Menurut saya WhatsApp aplikasi yang bagus dan murah perpanjangan hanya 0.99 USD pertahun, WhatsApp membiayai banyak karyawan. Apakah kita tidak ingin menyumbang kontribusi untuk WhatsApp? mengingat aplikasi ini memudahkan kita dan solusi yang lebih murah dari SMS.

    Perpanjangan WhatsApp bagi yang tidak punya kartu kredit bisa menggunakan Jasa pihak ketiga seperti http://www.whatsapp.web.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, dengan status whatsapp yang free dan tanpa iklan whatsapp orientasinya bukan ke bisnis (untuk saat ini, sepengetahuan saya)

      makasih untuk share link untuk mempermudah membayar whatsapp di whatsapp web id
      :)

      Hapus
  5. ah iya, saya juga mengalami hal yang sama... saya kira ini aneh, padahal saya mau siapin dana buat membayar whatsapp lewat paypal-nya temen, tapi kok gak expired... hhwhwhwhw...

    btw skrg BB lagi kacau balau, saya gak bisa mak WHATSAPP... sampe stres

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bb sekarang sering banget gangguan.. hehehe

      Hapus

Ayo kirim komentar, disini!!