22 Desember 2012

Problem Installation on Oracle XE 11.2.0

Terdapat beberapa tools untuk menggunakan DBMS (Database Management System) Oracle, dan saya memutuskan untuk memakai Oracle XE versi 11 dari Oracle Database 11g Express Edition. Namun terdapat beberapa kendala dalam melakukan instalasi dan penggunaan Oracle tersebut.

1. Waktu melakukan instalasi muncul peringatan error 'The installer is unable to instantiate the file C:\\Users\MYCURRENTUSER\AppData\Local\Temp\{97740DD8-95CF-4DD5-B1CB-2C04C01E402E}\KEY_XE.reg. The file does not appear to exist.'

Langkah untuk menangani masalah tersebut adalah dengan melakukan penyalinan file berekstensi .reg yang berada di folder tersebut, yaitu file OracleMTSRecoveryService.reg. Setelah disalin, salinan file tersebut kemudian diganti namanya menjadi KEY_XE.reg. Setelah penggantian nama tersebut maka pesan error yang muncul ketika melakukan instalasi menjadi hilang.


2. Ketika menjalankan 'Get Started'

Ketika akan menjalankan antarmuka DBMS via browser bisa dilakukan melalui jalur singkat 'Get Started' dari menu Start Menu. Namun, DBMS tidak bisa muncul di browser dan terdapat pesan error 'Windows cannot find http://127.0.0.1:%HTTPPORT%/apex/f?p=4950. Make sure you typed the name correctly, and then try again.'.


Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan mengganti alamat 127.0.0.1 dengan localhost, dan langsung dituliskan di URL browser. Sehingga alamat URL di browser menjadi 'http://localhost:8080/apex/f?p=4500' (port yang digunakan adalah port 8080).

9 komentar:

  1. Informasi yang baik dan informatif. Saya mau nanya berkaitan dengan Oracle Database 11g XE. Sy dapat masalah yang sama, kelihatannya hasil extract di komputer saya tidak ada OracleMTSRecoveryService. Padahal say download dari websitenya Oracle.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah di cek lagi tidak ada file 'OracleMTSRecoveryService'? apakah corrupt filenya? harusnya file itu tidak mungkin tidak ada

      Hapus
  2. gua install aman-aman aj broo g ada error :D. lg mh nostalgia karo oracle malah nemu blogE kang Arif wkk... ayo bisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa dirimu instal oracle lagi? bukannya di infra ya kw?

      Hapus
  3. ane mau tanya gan , kok ttp g bisa ya?

    BalasHapus
  4. yang bagian C:\\Users\MYCURRENTUSER\AppData\Local\Temp\{97740DD8-95CF-4DD5-B1CB-2C04C01E402E}\KEY_XE.reg. setelah diistall kok gak ada , atau memang asli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang tidak ada, makanya file OracleMTSRecoveryService.reg disalin kemudian diganti namanya menjadi KEY_XE.reg
      :)

      Hapus

Ayo kirim komentar, disini!!