18 September 2012

Cara Membuat File Hidden di Android

Mungkin banyak yang belum tahu untuk membuat file menjadi hidden di android. Begitu juga dengan aku, hehe.. Awalnya sih emang tidak begitu peduli. Ternyata ada juga fitur kayak begini di Android.

Ketika membuka file manager (untuk kali ini aku membuka memakai 'My Files' bawaan dari Samsung), tinggal menambahkan dengan titik di depan nama file. File yang namanya diawali dengan titik akan dianggap sebagai file yang memiliki atribut hidden. Jadi ketika settingan My Files diatur tidak menampilkan file hidden maka file yang diawali dengan titik tersebut tidak akan muncul.

Penambahan titik tersebut tidak hanya bisa pada file saja, tetapi juga bisa pada folder. Bedanya disini adalah jika nama folder diawali dengan tanda titik, maka folder tersebut beserta dengan isinya akan tidak tampak alias hidden.

Titik pada nama file dan folder

Setting file hidden di My Files

Bagaimana? Sangat berguna bukan? Selain terhidden pada file manager yang settingan hiddennya diaktifkan, juga file atau folder yang disetting hidden tersebut akan tidak muncul pada Gallery atau player. Jadi, jika ingin menyembunyikan video atau foto atau juga dokumen bisa menerapkan langkah tersebut. :D

tag: how to make hidden file on android

6 komentar:

  1. mantap gan,,,
    singkat padat dan jelas,,,
    makasi ya infonya,,,,

    BalasHapus
  2. Aq pake tablet galaxy 1 pas nyoba datanya tersembunyi dan g bisa balik lagi. . ., bisa tolong d banti

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di samsung, kalau buka file lewat My Files harus disetting Show Hidden Files jika mau buka file yang udah dihidden tadi.. setelah itu jika ingin ngembaliin lagi rename folder tersebut dengan menghilangkan tanda titiknya..

      Hapus
  3. Di lenovo a390 file manajernya (namanya "berkas manajer") kok nggak ada pengaturannya ya? semua file terbaca termasuk yg ada titik depannya padahal di lenovo s880 bisa tu dibuat hidden dengan cara di atas. Berarti kalau pake a390 nggak bisa ya???

    BalasHapus
  4. di hp Max U2 saya file2 pribadi udh saya masukin ke folder .xxx koq msih bisa kebaca galleri knapa y gan? plz, pencerahannya.

    BalasHapus

Ayo kirim komentar, disini!!