10 Maret 2012

Masalah Reporting Services pada Visual Studio 2010

Pernah suatu ketika menjumpai error ketika membuat suatu report dengan menggunakan Cristal Report dengan error sebagai berikut:

"The report definition is not valid. Details: the report definition has an invalid target namespace 'http://schemas.microsoft.sqlserver.reporting/2008/01/reportdefinition' which cannot be upgraded"

Padahal sudah melakukan pembuatan report dengan langkah yang benar, serta konfigurasi di web.config dan penambahan reference, namun muncul masalah tersebut dan project menjadi tidak dapat di build.

Ternyata masalah tersebut adalah pada schema reporting. Sesuai dengan error yang muncul, namespace-nya tidak sesuai. File rdlc yang dibuat seperti tidak terdaftar.

Masalah ini dapat diatasi dengan melakukan perubahan pendefinisian versi pada file:

C:\Program Files (x86)\MSBuild\Microsoft\VisualStudio\v10.0\ReportingServices\Microsoft.ReportingServices.targets

Cari baris yang mengandung kode berikut:

<usingtask assemblyname="Microsoft.ReportViewer.Common, Version=9.0.0.0, Culture=neutral, PublicKeyToken=b03f5f7f11d50a3a" taskname="Microsoft.Reporting.RdlCompile"></usingtask>

Ganti versi dari 9 ke versi 10. Entah kenapa versinya dapat berbeda dengan teman saya padahal menggunakan 1 installer yang sama. Hasilnya adalah seperti pada kode dibawah:

<usingtask assemblyname="Microsoft.ReportViewer.WebForms, Version=10.0.0.0, Culture=neutral, PublicKeyToken=b03f5f7f11d50a3a" taskname="Microsoft.Reporting.RdlCompile"></usingtask>

4 komentar:

Ayo kirim komentar, disini!!