21 Januari 2012

Ilusi Mata 'After Image'

Ilusi mata atau ilusi optis ada bermacam-macam karena kemampuan mata kita yang terbatas. Walau mata kita dapat membedakan 60 warna abu-abu, dapat melihat benda sampai ke titik yang tak terbatas asal cahaya dari benda tersebut sampai ke mata kita, namun ada beberapa hal-hal yang menyebabkan pandangan yang sampai ke mata berbeda dengan yang dapat divisualisasikan oleh saraf mata ke otak.

Sebenarnya, cahaya sendiri memiliki beberapa fenomena unik sendiri, misalnya pada fatamorgana, pelangi, halo matahari dan masih banyak lagi. Sedangkan ilusi mata dikarenakan keterbatasan kemampuan mata manusia itu sendiri.

Ada banyak sekali ilusi mata yang ada. Misalnya ilusi kognitif yang menyebabkan gambar menjadi ambigu (memiliki banyak penafsiran), gambar yang tidak mungkin tapi terlihat mungkin, dan halusinasi. Macam ilusi yang lain adalah ilusi fisiologis. Ilusi fisiologis disebabkan karena mata terkena cahaya yang sangat terang atau terlalu lama melihat pola gambar tertentu. Contoh ilusi fisiologis adalah After Image.

Photobucket

Nah, itu pertama kali saya menyadari ilusi mata yang bernama afterimage. Sebelumnya saya tidak terlalu peduli ilusi apa itu dan efeknya. Namun, setelah membaca Conan volume 65 atau chapter 685 saya jadi tahu ilusi apa itu.

Di komik Conan tersebut Ran Mouri tidak tahu mengapa dokter bedah (surgeon) selalu menggunakan baju warna hijau, sedangkan dokter dan perawat yang lain memakai baju putih. Jawaban yang sederhana pasti menjawab karena warna hijau adalah warna yang memberi kesan sejuk. Walau hal tersebut tidak salah namun sebenarnya warna hijau yang digunakan disini memilik filosofi tersendiri (sebenarnya bukan filosofi, tapi bisa dibuktikan dengan ilmu pengetahuan). :D

Afterimage bisa terjadi pada waktu kita melihat benda terang yang terlalu lama, maka ketika pandangan kita berpindah dari benda yang terang tersebut akan tampak bayangan hitam. Itulah yang disebut dengan afterimage.

Afterimage disebabkan karena sel-sel saraf mata yang menangkap cahaya dalam waktu lama terlalu lelah. Namun ketika berpindah pandangan, sel mata disekitar sel yang lain masih kuat, alhasil akan menimbulkan gelap. Di dalam afterimage ini, sel batang yang bertanggungjawab terhadap gelap terang cahaya yang diterima.

Untuk kasus yang berhubungan dengan warna, yang berperan adalah sel kerucut yang bertanggung jawab dalam membedakan warna. Ketika dokter bedah terlalu lama menatap darah pasien yang berwarna merah, maka sel kerucut dokter yang bertanggungjawab terhadap warna merah akan lelah, sehingga jika menatap ke tempat lain terutama yang berwarna putih akan timbul ilusi berwarna hijau.

Warna hijau merupakan warna kebalikan dari warna merah. Warna hijau memiliki tempat yang berseberangan dengan warna merah pada lingkaran warna David Brewster.


Jadi, ketika kita terlalu lama memandang benda yang memiliki warna tertentu, maka afterimage yang ditimbulkan adalah warna complementary seperti yang terlihat pada lingkaran warna tersebut.

Oleh sebab itu, dokter bedah menggunakan baju warna hijau. Sehingga ketika afterimage terjadi, konsentrasi dokter tidak terganggu karena afterimage menjadi seperti tidak terlihat ketika melihat baju dokter lain yang berwarna hijau.

6 komentar:

  1. wew... tumben berbobot tinggi... :-D
    aku pernah ngrt tentang after image illusion, ndisik2. tp rak tau nganggep menarik...#hammer

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaa masih banyak ilusi yang lain sebenarnya :D

      Hapus
  2. hahaha , suka conan juga mas :D
    tau link download komik conan berbahasa indonesia yang lengkap ga mas ?

    BalasHapus
  3. Sy jg penasaran stlh nonton video det.connan eps.561; "the mansion of death & the red wall"
    Pas search di google ternyata alasan kita sama :D

    BalasHapus
  4. Sy jg penasaran stlh nonton video det.connan eps.561; "the mansion of death & the red wall"
    Pas search di google ternyata alasan kita sama :D

    BalasHapus

Ayo kirim komentar, disini!!