21 Desember 2011

Twitter Action pada Blogspot

Siapa yang hari gini tidak tahu Twitter? Jejaring sosial milik Twitter Inc berupa mikroblogging yang diluncurkan oleh Jack Dorsey pada tahun 2006 ini semakin menyita perhatian para pengguna internet. Twitter memiliki asal asul kata kerja Tweet yang berarti berkicau (burung), maka dari itu lambang Twitter adalah burung.


Kemudahan dan kebergunaan serta kesederhanaan yang ditawarkan oleh jejaring ini menjadi kekuataan tersendiri. Walau rata-rata pengguna Twitter pasti memiliki akun Facebook, namun Twitter merupakan media yang dapat digunakan untuk lebih memaksimalkan penyebaran informasi. Memang Facebook dapat melakukan apa saja yang dibutuhkan untuk berhubungan dengan orang lain dan bertukar informasi, bahkan file media sekalipun, tetapi Twitter memiliki kelebihan tersendiri karena hanya berfokus kepada informasi berupa teks saja (walau bisa share gambar juga) dengan batasan 140 karakter per Tweet.

Twitter hanya memiliki beberapa fitur dasar yang tidak sulit untuk dipelajari oleh orang yang baru belajar Twitter, misalnya Tweet, Mention, Reply dan Retweet. Follower dan following merupakan bentuk dari pertemanan jika kita mem-follow seseorang. Selain itu fitur baru yang dikembangkan oleh pihak ketiga dan menjadi begitu familiar yaitu RT, walau penggunaannya diperdebatkan sebagai abuser oleh beberapa kalangan pengguna Twitter. Fitur yang lain adalah Favourite dan List yang sangat berguna untuk mengelompokkan Twitter yang disenangi dan mengelompokkan akun Twitter tertentu. Fungsi List ini masih jarang pengguna Twitter yang belum memahaminya, padahal List merupakan fitur yang sangat berguna.

Demikian pengantarnya......... (kepanjangan kali ya, hahhaa)

Banyak para blogger yang ingin menampilkan Twitternya di halaman blog mereka. Khusus untuk pengguna blogspot dapat menggunakan cara berikut, yaitu masuk ke dalam Widget for Website.

Disana dapat melakukan konfigurasi sesuai dengan keinginan, kemudian didapatkan kode JavaScriptnya. Kode tersebut ditempelkan pada Gadget HTML/JavaScript dan akan muncul tampilan Twitter kamu pada sidebar blog, misalnya seperti pada gambar di bawah ini.


Selain itu juga dapat menambahkan Twitter Button. Kalau fungsi ini udah disediakan oleh Twitter sendiri, yaitu masuk ke --> Twitter Button

Disana kamu bisa memilih beberapa button dengan fitur yang berbeda, yaitu:
1. share a link: melakukan share terhadap halaman blog kita
2. follow: mempermudah orang lain mem-follow akun twitter kita
3. hashtag: menggunakan hashtag dalam melakukan tweet
4. mention: mempermudah orang lain untuk mention akun twitter kita


Settingan semua button tersebut dapat dikonfigurasi sesuai dengan keinginan. Setelah itu akan didapatkan kode JavaScript-nya untuk kemudian dimasukkan ke gadget HTML/JavaScript di blog kita agar dapat dimunculkan ke dalam tampilan blog.

Sekian :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo kirim komentar, disini!!