14 Juli 2011

Perubahan Sintaks Pada PHP

Perubahan sintaks pada PHP terutama bagi pengguna XAMPP yang beralih dari versi 1.7.3 ke 1.7.4. Hal ini dikarenakan pada XAMPP 1.7.3 menggunakan PHP 5.3.1 sedangkan pada XAMPP 1.7.3 sudah menggunakan PHP 5.3.5.

Jika kita sudah membuat program PHP dengan menggunakan PHP 5.3.1 kemudian beralih ke PHP 5.3.5 maka terdapat pesan kesalahan yang tidak dijumpai ketika menggunakan PHP 5.3.1.

Hal pertama yang dijumpai adalah ketika mengambil nilai array dari suatu variabel, misalnya pada fungsi getdate --> $waktu = getdate(); echo $waktu[hours] akan menjumpai pesan kesalahan (Notice: Use of undefined constant hours - assumed 'hours' in C:\xampp\htdocs\blablabla). Di dalam PHP 5.3.5 kita harus tetap menggunakan tanda petik untuk mengatasinya, seperti ini echo $waktu['hours']. Pada PHP 5.3.1 sebenarnya bisa menggunakan 2 cara tersebut, mungkin pada PHP 5.3.5 ditetapkan standar agar tidak membingungkan.

Hal tersebut berlaku untuk semua pengambilan nilai array, misalnya pengambilan nilai suatu field pada record database.

$cari = mysql_query("select * from tabelDB");
$hasil = mysql_fetch_array($cari)
echo $hasil['kolomsatu']

Walaupun begitu terkadang akan muncul pesan error pada PHP 5.3.5 yang tidak terjadi pada PHP 5.3.1. Pesan error tersebut adalah tentang Undefined index atau Undefined variable atau apalah yang sebenarnya tidak ada masalah dan sistem dapat berjalan dengan semestinya.

Hal tersebut dapat diatasi dengan mengedit file pada folder PHP tempat XAMPP diinstal. Cari file dengan nama php.ini, kemudian hilangkan tanda titik koma didepan Value: E_ALL & ~E_NOTICE. Selanjutnya di setiap halaman script PHP kita tambahkan kode PHP error_reporting(0);.

Tetapi sebenarnya pesan kesalahan tersebut dikarenakan PHP telah mengganti format standar penulisan yang disesuaikan dengan penghilangan terhadap bug-bug yang ada. Namun penggantian format ini masih belum umum sehingga membingungkan para pemrogram PHP yang telah terbiasa dengan versi sebelumnya.

Namun, jika ingin mengganti ke dalam versi PHP yang sebelumnya kita tidak perlu menginstal ulang XAMPP yang telah ada, cukup dengan mengganti versi PHPnya saja ke yang lebih rendah, misalnya ke PHP 5.3.1 yang ada pada XAMPP 1.7.3. Hal ini khusus yang mau ribet karena ingin menikmati fitur-fitur baru XAMPP 1.7.4 yang lain, semacam Apache 2.2.17, MySQL 5.5.8, phpMyAdmin 3.3.9, FileZilla FTP Server 0.9.37 dan Tomcat 7.0.3. Adapun langkah yang diperlakukan adalah seperti pada halaman ini, yaitu sebagai berikut: (dengan catatan sudah mempunyai XAMPP versi sebelumnya, 1.7.3, yang berbentuk ZIP.
1. Ekstrak XAMPP 1.7.3 dan replace (hapus-salin) folder PHP yang ada di C:\xampp.
2. Hapus C:\xampp\apache\modules\php5apache2_2.dll dan php5apache2_2_filter.dll
3. Salin xampp\apache\bin\php* (pada 1.7.3) ke folder C:\xampp\apache\bin.
4. Edit C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-xampp.conf. Setelah sintaks ini <IfModule alias_module> tambahkan kode berikut:

<IfModule mime_module>
LoadModule php5_module "/xampp/apache/bin/php5apache2_2.dll"
AddType application/x-httpd-php-source .phps
AddType application/x-httpd-php .php .php5 .php4 .php3 .phtml .phpt
<Directory "/xampp/htdocs/xampp">
<IfModule php5_module>
<Files "status.php">
php_admin_flag safe_mode off
</Files>
</IfModule>
</Directory>
</IfModule>

Tetapi kalo tetap ingin kembali ke versi sebelumnya yaitu XAMPP 1.7.3 dengan PHP 5.3.1-nya ya boleh boleh saja sih, hahhaha tetapi ya siap-siap aja di versi itu, karena teknologi semakin berkembang mau tidak mau kita harus mempelajari standar format PHP yang baru, yang sampai saya menulis tulisan ini PHP sudah mencapai versi 5.4 (PHP versi 5.3.5 - 5.3.6 - 5.4). Saya pun masih bingung dengan perubahan itu dan berusaha untuk belajar dengan versi yang terbaru.


Daftar Pustaka :
http://stackoverflow.com/questions/1302168/using-xampp-how-do-i-swap-out-php-5-3-for-php-5-2
http://devilzc0de.org/forum/printthread.php?tid=5614

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo kirim komentar, disini!!