16 Maret 2011

Masalah Penginstalan SDK Android pada Eclipse

Pada waktu menginstal sdk pada Android SDK and AVD Manager dalam Eclipse, ketika itu saya terdapat masalah ketika instalasi paket (package) yaitu :

-= Warning ! =-
A folder failed to be renamed or moved. On Windows this typically means that a program is using that folder (for example Windows Explorer or your anti-virus software.)
Please momentarily deactivate your anti-virus software.
Please also close any running programs that may be accessing the directory 'C:\Eclipse\android-sdk-windows\tools'. When ready, press YES to try again.

Error Message:
Failed to rename directory C:\Eclipse\android-sdk-windows\temp
\tools to C:\Eclipse\android-sdk-windows\temp\ToolPackage.old01.

Permasalahan tersebut adalah, ketika selesai mendownload file Android SDK Tools, tidak berhasil melakukan instalasi file tersebut dalam Eclipse. Seperti yang tertera pada peringatan diatas, bahwa peringatan terjadi karena terdapat program yang mengakses folder Tools sehingga tidak dapat dilakukan instalasi. Begitu juga dengan ketika saya sudah mematikan/mendisable antivirus, bahkan mematikan semua program yang ada dan hanya menjalankan Android SDK and AVD Manager pun tidak bisa melakukan instalasi.

Kemudian, masalah yang ada adalah bahwa folder Tools tidak dapat diedit dan dihapus. Hasil download-an tersebut telah dapat diekstrak di dalam folder Temp, namun akan menggantikan folder Tools yang berisi file sebelum update-an tidak bisa. Saya mencoba untuk menghapus folder Tools tersebut secara manual dan akan menaruh hasil download-an yang sudah diekstrak (berada di folder Temp) dan mengganti namanya dengan Tools sendiri, namun folder Tools tidak bisa dihapus, dan menampilkan bahwa folder tersebut sedang dipakai oleh program lain, tapi sebenarnya tidak.

Maka dari itu, saya mencoba solusi baru, yaitu dengan memindahkan folder Eclipse ke dalam Program Files. Aku memindahkan folder tersebut dengan masuk ke Ubuntu, tidak tahu bisa atau tidak jika memindahkan folder tersebut setelah Windows direstart, dalam hal ini saya memakai Windows 7 64 bit. Karena saya menggunakan Windows 7 64 bit, maka folder instalasi Eclipse yang merupakan 32 bit saya masukkan ke dalam folder Program Files (x86). Dan ternyata setelah masuk ke dalam Windows lagi dan melakukan instalasi ternyata BERHASIL!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo kirim komentar, disini!!