01 September 2010

KKN-PPM UGM 2010 di Desa Wisata Ponggok

Akhir dari kuliah tahun ketiga umumnya para mahasiswa UGM akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan selama 2 bulan. Seperti halnya saya, setelah semester 6 berakhir saya mempersiapkan diri untuk mengikuti KKN. Biasanya KKN 2 bulan ini adalah KKN yang mempunyai tema khusus. KKN disini merupakan KKN-PPM (Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) yang dikhususkan untuk pembelajaran pemberdayaan untuk kesejahteraan masyarakat

Setelah melakukan berbagai pertimbangan saya akhirnya KKN di desa Ponggok, kecamatan Polanharjo, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Memang lokasi KKN tidak jauh dari rumah saya yaitu sekitar 10 km, alasannya agar bisa sering pulang hehee. Desa Ponggok memiliki 3 dukuh yaitu Ponggok, Kiringan dan Umbulsari yang terbagi dalam 6 RW. Setiap RW masing-masing terdapat 2 RT.

Tim KKN Ponggok yang berjumlah 30 orang dengan mayoritas orang Klaten ini dibagi ke dalam 4 sub unit yang masing-masing beranggotakan 7-8 orang. Tiap sub unit mempunyai wilayah kerja untuk dukuh yang berbeda-beda. Kebetulan saya berada di sub unit 4 dan mempunyai wilayah kerja di RW 4 yaitu di dukuh Kiringan.

Desa yang dikepalai oleh Bapak Junaedhi Mulyono, SH ini memiliki beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi, diantaranya adalah :

UMBUL PONGGOK

Photobucket

Umbul Ponggok, umbul yang paling besar di desa Ponggok, berada pada dukuh Ponggok dan terletak tepat di pinggir jalan. Umbul dengan luas 6.000 m2 berperan penting dalam ketersediaan air bersih.

Selain itu umbul ponggok menjadi satu-satunya objek wisata komersiil andalan pihak desa (sebenarnya ada juga kolam renang waterboom Banyumili yang terletak tidak jauh dari umbul ponggok, namun kepemilikannya adalah dengan kontrak pihak ketiga).

Umbul Ponggok menawarkan air bersih langsung dari umbul di bawah kolam, jadi otomatis airnya sangat bersih dan segar. Di umbul itu juga terdapat ikan-ikan hias yang sebagian besar adalah ikan koi yang sangat cantik.

Tarif masuk Umbul Ponggok juga sangat murah. Untuk hari biasa harganya Rp 2.000 saja, tetapi jika ada kegiatan panggung tiket masuknya menjadi Rp 5.000.

Di Umbul Ponggok juga terdapat aneka kuliner yang lengkap. Benar-benar menjanjikan lidah para pengunjung. Terdapat juga bebek-bebekan yang dapat disewa dengan sangat murah.

Photobucket

Belakangan ini Umbul Ponggok telah berubah peran menjadi tempat untuk melakukan diving. Pemandangan bawah air Umbul Ponggok sangat mirip dengan pemandangan bawah laut yang natural, ditambah dengan banyak ikan-ikan hias. Hal ini menjadikan Umbul Ponggok tujuan wisata baru yang terkenal. Di Umbul Ponggok juga disediakan peralatan diving bahkan tergolong lengkap.

Fasilitas lain yang ada adalah penyewaan kamera digital waterproof yang dapat digunakan untuk memotret di dalam air. Kita bisa menyewa kamera sekaligus fotografernya atau hanya kameranya saja.

UMBUL SIGEDANG

Photobucket

Umbul sigedang berada di dukuh Umbulsari dengan ukuran 23 x 11 meter. Umbul ini dimanfaatkan oleh PT Tirta Investama sebagai perusahaan yang mengeluarkan produk AQUA. Karena hal tersebut maka desa Ponggok mendapat 'komisi' dari AQUA yang dihasilkan sehingga desa Ponggok memiliki pemasukan yang paling besar se-Jawa Tengah.

Di dekat umbul sigedang terdapat umbul lain namun bukan masuk di desa Ponggok. Umbul tersebut adalah Umbul Kapilaler yang sangat kental dengan suasana religi. Umbul kapilaler sering digunakan untuk suatu event yang diadakan oleh dukuh Umbulsari.

Photobucket

UMBUL BESUKI

Photobucket

Umbul Besuki adalah umbul yang terdapat di dukuh Kiringan, tepatnya di bagian paling barat dari dukuh Kiringan. Umbul ini dikelilingi oleh sawah dan tempatnya masih sangat asri, sejuk dan tenang. Sangat cocok bagi yang ingin mencari ketenangan dan kesejukan atau bahkan mencari inspirasi / ide segar karena suasananya sangat mendukung. Untuk akses ke umbul besuki memang agak sulit. Umbul besuki menjadi pemasok air untuk dukuh Kiringan dan Umbulsari.

KOLAM BUDIDAYA NILA

Photobucket

Di desa Ponggok terdapat 3 budidaya nila yang semuanya berada di dukuh Ponggok. Nila hasil produksi ini menjadi pemasok nila paling utama di kabupaten Klaten.

Photobucket

KOLAM KOI

Photobucket

Kolam koi ini berada di dukuh Kiringan. Sebenarnya tidak hanya kolam koi saja namun pada area tersebut juga terdapat kolam nila dan bawal.

KOLAM BUDIDAYA UDANG GALAH

Photobucket

Kolam budidaya udang ini terletak di dukuh Ponggok. Udang dengan jumlah sangat besar di budidayakan di tempat ini.


Berikut sepenggal video mengenai desa Ponggok.



Atau kunjungi situs resmi Desa Wisata Ponggok disini --> www.ponggok.com

Setelah melewati bulan Juli-Agustus 2010, maka KKN ini berakhir dengan berbagai macam cerita seru.
Photobucket

Tim KKN-PPM UGM 2010 Unit 118 Desa Ponggok

Sub Unit 1 - Ponggok 1 :
1. Syifa' Masthuri Nurwiriyana
2. Anindita Saktiaji
3. David Pangihutan Simangunsong
4. Nanang Rizki Aprilianto
5. Kandita Nurmalasari
6. Fitria Setiyoningrum
7. Rohedi Widya Laksmi Pratiwi
8. Riska Ayu Afriani

Sub Unit 2 - Ponggok 2 :
1. Achmad Pratama Rifai
2. Erdi Fiat Gumilang
3. Gigih Helma Wijaya
4. Fatma Swastika Mutiara Rukmi
5. Puspita Adhi Kusuma Wijayanti
6. Putri Sekar Arum
7. Rita Kartika Sari

Sub Unit 3 - Umbul Sari :
1. Iwan Setyawan Adji
2. Donny Indra Damara
3. Adhie Ikhlasul Amal
4. Wijaya
5. Fika Radiastini
6. Dyah Ayu Tantri Mizella Wiyati
7. Wasis Jati Purwani
8. Cerry Heppy Jayanti

Sub Unit 4 - Kiringan :
1. Pradipta Ramadhani
2. Arif Febriyanto
3. Iwan Affandi Wijaya
4. Galih Rakasiwi
5. Deliana Putri Permatasari
6. Rosa Ardianingrum
7. Amalia Tribuana Kusumandari

Photobucket

2 komentar:

  1. main lagi dong kak.. ke ponggok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kadang-kadang masih ke ponggok juga kok :D

      Hapus

Ayo kirim komentar, disini!!