31 Mei 2010

1 Litre of Tears, Antara Novel, Dorama dan Film

Ketika sedang berjalan-jalan di toko buku, terlintas judul sebuah novel yang sepertinya tidak asing lagi. 1 Liter of Tears. Ya, judul tersebut sudah begitu familiar di telinga saya.

Photobucket

Ternyata buku ini adalah naskah asli diare yang ditulis oleh Aya Kito, gadis yang menderita penyakit spinocerebellar ataxia atau penyakit incurable yang menyebabkan lumpuh total karena pengecilan otak kecil dengan alasan yang belum diketahui, yang menyebabkan pada terganggunya syaraf motorik penderita. Walaupun buku ini telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan mengalami penyaduran, tetapi paling tidak buku ini merepresentasikan perasaan Aya pada waktu menulis buku diarenya. Sebelum mengetahui kalau ada buku ini, saya sudah menonton versi dorama Jepang yang berjudul sama, 1 Litre of Tears, atau disebut juga Ichi Rittoru No Namida atau 1 Litre No Namida.

Photobucket

Dorama 1 Litre of Tears mengambil cerita yang sebenarnya dengan sedikit perubahan-perubahan. Perubahan tersebut misalnya nama keluarga Aya Kito berubah, dari Kito menjadi Ikeuchi. Tokoh Haruto Asou pun juga sebenarnya tidak ada. Walaupun begitu, dorama ini ceritanya sangat bagus, asli sedihnya, mengharukan *halah. Selain itu, dorama ini juga dapat memberikan inspirasi kepada kita bagaimana menghargai hidup, bagaimana bekerja keras, bagaimana pantang menyerah, bagaimana selalu optimis, bagaimana tidak terlalu mengkhawatirkan masa depan, bagaimana berbuat baik kepada siapa saja, bagaimana mensupport orang, bagaimana arti sahabat itu, bagaimana cinta yang tulus itu, bagaimana dan bagaimana yang lain. Hahahhahaha.

Pada dorama 1 Litre of Tears tokoh Aya diperankan oleh Erika Sawajiri, cantik, manis dan aktingnya sempurna. Dua jempol deh untuknya. Hehehe. Dorama ini terdiri dari 11 episode plus 1 edisi spesial, didukung oleh artis-artis yang tidak asing lagi semacam Ryo Nishikido (sbg Haruto Asou, cinta terakhir Aya), Hiroko Yakushimaru (sbg Shioka Ikeuchi, ibunya Aya), Takanori Jinnai (sbg Mizuo Ikeuchi, ayahnya Aya), Riko Narumi (sbg Ako Ikeuchi, adik pertama Aya), Naohito Fujiki (sbg Hiroshi Mizuno, dokternya Aya), sampai ada juga Kenichi Matsuyama (sbg Yuji Kawamoto, cinta pertama Aya).

Kembali ke buku 1 Litre of Tears tadi, buku yang terdiri dari 156 halaman ini mempunyai cerita yang lebih mirip dengan film A Litre of Tears. Jika dorama 1 Litre of Tears tayang di Jepang dengan episode pertama pada tanggal 11 Oktober 2005, untuk film berdurasi 98 menit ini dibuat sebelum versi doramanya, yaitu tayang pada Februari 2005. Film ini benar-benar disesuaikan dengan bukunya. Di film ini, Aya Kito (menggunakan nama sebenarnya) diperankan oleh Asae Onishi, dan dokter yang menangani Aya adalah Dr Yamamoto.

Photobucket

12 komentar:

  1. Sugan teh aya terasanana carita teh,eh pekna teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahasa sunda yak? saya tidak ngerti xD

      Hapus
  2. ceritane bikin nagis sumpah!
    diliet n d baca berkali-kali pun bikin nangis

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya :''( bikin nagis banget

      Hapus
  3. ceritane bikin nagis sumpah!
    diliet n d baca berkali-kali pun bikin nangis

    BalasHapus
  4. masih ada gak bukunya di gramedia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada, cari aja... ;D

      Hapus
    2. cari dimana mas arif?? susahh cari bukunya.. :(

      Hapus
  5. itu versi movienya punya DLnya ga arif-kun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. movienya di indoweb*ster ada kok bro...

      Hapus
  6. ini kalo mau bli bukunya dari jakarta bisa tidak ya? udah nyari online cuman kok kayaknya meragukan :(

    BalasHapus

Ayo kirim komentar, disini!!