22 Januari 2010

Anim8or

Anim8or adalah sebuah program freeware pemodelan 3D dan animasi berbasis OpenGL yang dibuat oleh R. Steven Glanville, seorang software engineer dari Nvidia. Program ini memiliki banyak fitur dan tools. Ukuran yang kecil, kemudahan dalam penggunaan, dan tutorial yang mudah dipahami memberi kemudahan bagi para pengguna yang belum pernah menyentuh pemodelan dan animasi 3D.

Pada 20 Juli 1999, versi pertama Anim8or diperkenalkan ke publik melalui newsgroup comp.graphics.packages.3dstudio. Dalam minggu pertama, versi aslinya didownload hampir 100 kali. Versi berikutnya yaitu 0.2 yang dirilis pada 6 September 1999 memiliki beberapa bug fixes dan kemampuan untuk menyimpan file dalam bentuk JPEG.

Dalam beberapa tahun terakhir, versi-versi baru telah dirilis dan fitur-fitur seperti perintah undo dan redo, keyboard shortcuts, renderer yang lebih baik, dan morph targets telah diperkenalkan. Dengan muncul setiap versi, popularitas Anim8or semakin berkembang. Artikel-artikel mengenai Anim8or telah banyak dipublikasikan dalam berbagai majalah di seluruh dunia seperti 3D User, Freelog, c’t, dan newsletter Lockergnome.

Versi Anim8or yang paling stabil dan baru yaitu 0.95 telah dirilis pada 4 November 2006. Versi-versi beta telah dirilis sebelumnya bagi para pengguna yang ingin melakukan pengujian atau memberikan feedback. Versi 0.95 memperkenalkan fitur seperti graphical material shader, bahasa scripting ASL, dukungan plug-in, dan berbegai perbaikan bug. Versi 0.95a telah dipost pada 2 December 2006 dan memiliki perbaikan bug tambahan.

Maskot Anim8or adalah seekor burung robin merah bernama Robin. Robin kerap muncul dalam berbagai tutorial pemodelan dan animasi.

Anim8or 0.95 memiliki system requirements yang cukup rendah sehingga dapat bekerja pada sistem-sistem low end hingga high end. Software ini juga dapat berjalan pada Apple dengan Connectix Virtual PC dan Linux dengan WINE. Anim8or juga bersifat portabel sehingga tidak perlu diinstalasi dan dapat berjalan dari USB Flash Disk dan CD. Requirement minimum yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.
1) Prosesor 300 MHz
2) Windows 95 dan seterusnya
3) Kartu grafis OpenGL dengan dukungan penuh terhadap ICD
4) RAM 64 MB (128MB recommended, 256MB dengan Windows XP)
5) Ruang hard drive 5 MB. File .zip yang berisi file Anim8or.exe hanya berukuran di bawah 1 MB sedangkan file Anim8or.exe sendiri berukuran 1,77 MB.

Anim8or adalah program animasi komputer 3D yang dirancang untuk memungkinkan penciptaan animasi secara langsung. Anim8or dapat digunakan untuk menciptakan dan mengedit obyek, figur, dan pemandangan langsung pada layar komputer secara interaktif.

Antarmuka dasar yang digunakan pada Anim8or hampir sama dengan kebanyakan program animasi 3D dan CAD.

Photobucket

Pengguna dapat mengendalikan berbagai aspek dari pekerjaannya dengan memakai mouse atau tablet. Seleksi dan drag, rotate, scale, dan penempatan obyek dilakukan dengan mengeklik pada berbagai bidang pandang. Ada dua toolbar yang dapat digunakan untuk tugas-tugas umum. Toolbar yang berada di bagian atas memiliki tombol-tombol untuk perintah-perintah umum yang digunakan selama penggunaan Anim8or.

Photobucket

Toolbar yang berada di sebelah kiri memungkinkan pengguna untuk mengganti mode operasi untuk tugas-tugas umum yang sedang digunakan.

Photobucket

Pengguna dapat mengatur pandangan terhadap obyek untuk melihat obyek tersebut dari depan, kiri, atas, belakang, perspektif, dan lain-lain. Pandangan juga dapat diatur untuk multiple view atau single view pada layar.

Ada empat mode kerja utama dan sebuah mode object-browsing. Mode pertama adalah pengedit obyek yang digunakan untuk membuat obyek statis.

Kedua, adalah editor figur atau karakter. Pengguna dapat menggunakan mode ini untuk mendefinisikan struktur sebuah karakter yang ingin dianimasikan dengan menyambung sendi antar tulang dan mengenakan obyek pada karakter. Setiap sendi dapat diatur atau dibatasi ruang gerak dan jangkauannya seperti siku atau bahu.

Mode ketiga adalah editor gerakan atau sekuens. Di sini pengguna dapat menentukan segmen-segmen pergerakan. Pergerakan-pergerakan ini dapat saling dihubungkan secara berantai dalam scene editor untuk sekuens-sekuens yang lebih panjang.

Keempat, pengguna dapat menggabungkan scene-scene akhir dalam scene editor. Di sini pengguna dapat menempatkan obyek-obyek dan membangun bagian-bagian lain dari Anim8or untuk membuat tatanan terakhir. Pengguna dapat mengatur bagaimana obyek-obyek dapat bergerak dan mengatur posisi kamera. Pengguna juga dapat memberikan berbagai jenis cahaya pada scene.

Model atau scene yang telah dibuat dapat dirender menjadi image .jpg dan .bmp berkualitas tinggi dan movie .avi kemudian menyimpannya dalam hard disk. Pada akhirnya, Anim8or memiliki object browser untuk membantu pengguna melihat dan mengatur obyek-obyek. Obyek juga dapat dicari di dalam disk dari berbagai bentuk format file.

Walaupun tidak seampuh program-program komersial lainnya, Anim8or memiliki banyak fitur yang penting dalam dunia komputer grafis 3D dan tetap tidak berbayar. Fitur-fitur yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut.
• 3D Modeller dengan bentuk-bentuk dasar seperti bola, kubus, dan silinder. Modifikasi mesh dan subdivisi. Splines, extrusions, lathing, modifier, bevellig, dan warping.
• Dukungan terhadap font TrueType untuk menjalankan teks 2D dan 3D.
• Kemampuan mengimpor file-file .3DS, .LWO, dan .OBJ untuk modifikasi.
• Kemampuan mengekspor file-file .3DS, .LWO, .OBJ, .VTX, dan .C untuk digunakan pada program-program eksternal.
• Dukungan Plug-in dengan Anim8or Scripting Language (ASL).
• Browser obyek 3D yang memungkinkan user untuk melihat file-file 3D pada direktori yang spesifik.
• Tekstur-tekstur dalam format .BMP, .GIF, dan .JPG.
• Environment maps, bump maps, transparansi, spekularitas, dan lain-lain.
• Editor karakter dengan tulang sendi.
• Morph targets
• Renderer yang mendukung fog, infinite, local dan spotlights, anti-aliasing, alpha channels, dan depth channels.
• Kemampuan untuk membuat scene dan animasi 3D dan meghasilkan keluaran dalam format .AVI, .BMP, atau .JPG.
• Fitur print langsung dari program.
• Volumetric shadows, termasuk ray traced hard dan soft shadows.
• OpenGL shader untuk tampilan awal yang realistis.
• Plugin untuk obyek parametris dan ekspor obyek.

Daftar fitur dasar Anim8or dapat ditemukan pada website Anim8or. Masih banyak fitur yang dimiliki oleh program ini.

Photobucket

Salah satu konsekuensi dari program yang ringan, cepat, dan portabel ini adalah tampilannya yang kurang menarik. Akan lebih baik lagi jika tombol-tombol dan font yang digunakan dibuat lebih menarik dan berwarna. Bidang kerja atau workspace dari program ini juga masih perlu dibuat lebih menarik. Tombol tools pada sisi kiri workspace akan lebih memudahkan user untuk mempelajari fungsi-fungsi tools tersebut apabila gambar pada tombol tools dibuat lebih berwarna.

Masalah tampilan bukanlah sesuatu yang mengganggu apabila pengguna program ini memang menginginkan tampilan yang sederhana dan program yang ringan resource. User yang sudah terampil menggunakan program desain 3D dan hanya mementingkan fungsionalitas program mungkin tidak akan terganggu dengan tampilan program Anim8or.

Sepintas, program ini akan terlihat begitu sederhana, mudah digunakan, dan tidak membutuhkan banyak resource. Namun program freeware ini akan terasa sulit untuk digunakan jika belum pernah memakai program desain 3D. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya tooltip yang muncul apabila cursor berada di atas tombol tools. Pengguna tidak dapat mengetahui kegunaan dari masing-masing tools yang tersedia.

Masalah affordance yang belum terlalu bagus ini dapat diatasi jika pengguna mendownload help file .pdf yang terkemas dalam file .zip yang dapat didownload di situs program tersebut. Selain itu, ada juga beberapa tutorial yang dibuat oleh user baik dalam bentuk file .html, .pdf, .maupun media audiovisual dalam format flash (.swf). Adanya tutorial dan help file ini cukup membantu pemula dalam memahami cara menggunakan Anim8or.

Selain memiliki kebutuhan resource yang rendah, program freeware ini mempunyai mampu merender hasil karya pengguna menjadi file .avi dengan cukup cepat. Jika dibandingkan dengan program-program animasi 3D komersial, Anim8or lebih cepat.

Referensi :

Anim8or. 2008. anim8or_basic_instruction. http://members.home.nl/rouweler3/Anim8tor_basic_instruction.htm

Anim8or. (2009, March 1). In Wikipedia, The Free Encyclopedia. Retrieved 09:41, March 22, 2009, from http://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Anim8or&oldid=274108984

Anim8or. 2008. Anim8or_Pointediting_Animating. http://members.home.nl/rouweler3/Anim8tor_tutorial2.html

Anim8or. 2008. Anim8or Manual. http://www.anim8or.com/download/animv095dPDF.zip

6 komentar:

  1. artikel nya menarik, nice info

    mampir ya kesini

    BalasHapus
  2. veri good, tapi bnisa lebih detail lagi ga ?

    BalasHapus
  3. kalau mau lebih detail bisa mengunjungi referensi-referensi yang ada :-)

    BalasHapus
  4. sya suka... cuma cara membuat badan atau bbinatang...gtu... kita masuk ke build... da lathe tapi jadi malah jaya grabah gtu tu gmna pak arif...

    BalasHapus
  5. sya suka... cuma cara membuat badan atau bbinatang...gtu... kita masuk ke build... da lathe tapi jadi malah jaya grabah gtu tu gmna pak arif...

    BalasHapus

Ayo kirim komentar, disini!!