16 Desember 2009

Chatting via Bluetooth pada Handphone

Secara tidak sengaja, saya menemukan aplikasi handphone yang menarik, yaitu Chat2U. Aplikasi ini digunakan untuk melakukan chatting layaknya aplikasi chatting lainnya. Yang membuat berbeda adalah, bila kebanyakan aplikasi chatting harus menggunakan koneksi internet, maka Chat2U ini menggunakan bluetooth sebagai media untuk berkomunikasi antar handphone.

Requirement yang dibutuhkan pun hanya sebuah handphone yang berbasis java dan terdapat koneksi bluetooth. Adapun aplikasinya dapat diperoleh di getjar.com, atau langsung di download DISINI!

Setelah aplikasi tersebut diinstal, langsung saja masuk. Jangan lupa untuk mengaktifkan koneksi bluetooth terlebih dahulu. Setelah masuk akan ditampilkan sebuah halaman login.

login page chat2u

Masukkan saja username bebas 7 karakter dan pilih ikon yang akan digunakan sebagai akun. Tunggu saja sebentar proses login tersebut, sampai dibawa ke halaman utama.

main page chat2u

Jika terdapat user lain yang online, dalam artian login dengan aplikasi yang sama, maka dapat dilakukan chatting. Chatting disini mirip dengan chatting room seperti program chatting kebanyakan. Praktis sekali bukan??

Namun penggunaan aplikasi ini memiliki kekurangannya. Kekurangannya adalah, karena menggukan koneksi bluetooth, maka chatting hanya bisa dilakukan antar device pada jangkauan area yang tidak terlalu luas, seperti karakteristik dari bluetooth itu sendiri.


Sekian. . . . . . .

8 komentar:

  1. mas kbetulan saya lagi ada tugas akhir tuk buat chatting via bluetooh,setelah membaca artikel mas saya dpt inspirasinya...terima kasih.
    saya mempunyai pertanyaan yaitu:
    brp batas max koneksi blutooh pada aplikasi chat2u?

    BalasHapus
  2. waaduh, kalau masalah itu saya kurang tahu. . . .
    :D

    sepertinya gak ada batasnya, tapi gak tahu juga hehee

    BalasHapus
  3. mas arif, jd aplikasi chat2u ini cuma hanya bisa chatting room aja ya alias chatting conference kek di yahoo messenger?
    apakah bisa chatting secara private room alias berdua aja secara pribadi?

    BalasHapus
  4. walah, kalo yg itu gak bisa. . . .

    soalnya itu diprogram masih unicast jadi komunikasi client dengan client masih belum memungkinkan. . . . .
    :)

    BalasHapus
  5. ada gk source code bluetooth yg dibuat pake j2me,khusus buat chatting gt?

    BalasHapus
  6. di internet banyak, silakan googling :)

    BalasHapus
  7. mas, tau gak gmn cara chatting dari hp-komputer???

    BalasHapus
  8. pakai koneksi apa dulu? bluetooth juga?

    BalasHapus

Ayo kirim komentar, disini!!