30 September 2009

Cara Menginstal KDE Pada Ubuntu

Anda seorang pengguan Ubuntu? Anda sudah bosan dengan desktop environment yang ada pada Ubuntu (Gnome)? Atau Anda ingin mencicipi desktop manager KDE seperti yang ada pada Kubuntu?

Ada satu solusi yang lumayan menarik, yaitu dengan menginstal Kubuntu Desktop pada Ubuntu sehingga Anda dapat mempunyai 2 desktop environment, yaitu Gnome dan KDE. Anda juga menjadi punya 2 distro linux, yaitu Ubuntu ketika Gnome diaktifkan dan Kubuntu sewaktu KDE diaktifkan. Kedua desktop environment tersebut dapat dipakai bergantian sesuka hati.

Adapaun, cara menginstal Kubuntu Desktop adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke dalam “Synaptic Package Manager” yang berada pada menu System-Administration.

2. Cari dan install package “kubuntu-desktop”.
Disini Anda akan menginstal kubuntu-desktop yang berukuran cukup besar. Setelah selesai penginstalan ini Anda menjadi punya 2 distro Linux, yaitu Ubuntu dan Kubuntu. Penginstalan kubuntu-desktop juga disertai dengan program-program dasar pada Kubuntu.

3. Configuring KDM
Kemudian muncul kotak dialog yang menanyakan tentang default display manager memakai gdm (Gnome) atau kdm (KDE). Default ini bisa dirubah sewaktu-waktu.

Photobucket

4. Setelah proses instalasi selesai, keluar dari Synaptic Package Manager dan kemudian Log Out.

5. Pada Login Screen, pilih “Select Session” sesuai dengan keinginan.
Misal, kita akan memilih KDE, setelah dipilih, masukkan username dan password Anda.

Photobucket

6. Muncul kotak dialog yang menanyakan KDE apakah akan digunakan sebagai default atau tidak.
Kini Anda telah masuk ke Kubuntu dan menggunakan KDE. Atur pengaturan-pengaturan kesukaan Anda :-D

Namun, dengan mempunyai 2 desktop environment membuat aplikasi menjadi bertumpuk pada KDE dan Gnome. Sehingga terkadang sangat mengganggu, tetapi hal ini tidak sampai membuat crash diantara keduanya. So, tenang saja dan tidak ada salahnya untuk mencoba.
Terima Kasih

Catatan:
Jika mau membuang KDE dan beralih ke Gnome murni, cara yang digunakan tidak hanya dengan membuang kubuntu desktop pada Synapctic Package Manager karena kubuntu desktop hanya penunjuk package-package kubuntu. Cara yang dilakukan adalah dengan menjalankan perintah berikut pada terminal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo kirim komentar, disini!!